POTRET KEGIATAN 2013
Pada tahun anggaran TA.2013, di
Kabupaten Musi Banyuasin terdapat 10 (Sepuluh) kecamatan penerima Bantuan
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), yaitu kecamatan Sekayu, Bayung
Lencir, Sungai Keruh, Sungai Lilin, Plakat Tinggi, Lais, Babat Supat, Tungkal
Jaya, Babat Toman, dan Lawang Wetan.
Kemajuan pelaksanaan kegiatan berdasarkan RKTL Program Nasional
Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP)
di Kabupaten Musi Banyuasin berdasarkan RKTL, RKTL Perencanaan TA.2010 sampai
dengan bulan ini telah terealisasi Untuk SPC 1 sebesar 100%
dari rencana 100%, sehingga ada
deviasi 0%, SPC 1 dan 2 sebasar 100%
dari rencana 100 % sehingga ada
deviasi dan 3 sebesar 100% dari rencana 100% sehingga devĂaisi 0% Normal/ pengintegrasian
sebesar 100% dari rencana 100% sehingga ada deviasi
0% dan untuk RKTL Perencanaan Tahun 2011 terealisasi sebesar 100 % dari Rencana 100 % dan deviasai
sebesar 0%
Untuk
pelaksanaan tahun anggaran 2012 untuk RKTL tingkat kabupaten, dari target
rencana 100.% dan terealisasi 98,98%, sehingga mengalami deviasi 1,02%.
1.1. Pengendalian Fasilitator dan Pelaksanaan Rapat
Koordinasi
A. Status Fasilitator Kabupaten dan Kecamatan
Pada
bulan Januari 2013 di Kabupaten Musi Banyuasin untuk keberadaan
Fasiltator Kecamatan dan Fasilitator Tehnik ada 10 dan 8 Fasilitator Pemberdayaan
( FK Kec. Bayung Lencir Promosi menjadi Faskab Per 2 Januari 2013, FK Kecamatan
Tungkal Jaya mengindurkan diri per Per 1 Januari 2013)
Untuk keberadaan Fasilitator Kabupaten di Kabupaten Musi
Banyuasin pada bulan dari Desember 2011 sudah lengkap 3 orang Faskab dan melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sesuai dengan
kewajiban yang harus di laksanakan.
B. Pelaksanaan Pertemuaan dan Rapat Koordinasi
Untuk bulan Januari 2013 di Kabupaten Musi Banyuasin telah di lakukan Rapat Koordinasi sebanyak 1
kali yaitu di 2 hari di akhir tanggal 29-30 Januari 2013 bertempat di kantor Faskab . Adapun agenda rakor tengah meliputi:
- Pengantar Rakor dari Fasilitator Kabupaten
- Sosialisasi Memo-memo
- Evaluasi Capaian Progres Kegiatan TA. 2012
- Pemantapan pola perencanaan TA. 2013
- Persiapan Musrenbang Kecamatan 2013
- Evaluasi Pelmas
- Umpan Balik Laporan Kunjungan Lapangan
- Finalisasi Desain dan RAB
- Tinjauan kembali terhadap SOP Penyelesaian Masalah dan Umpan Balik Progres Penyelesaian masalah
Pelaksanaan rakor akhir bulan
yang di lakukan selama 2 hari pada tanggal 29-30 Januari 2013 kesimpulan dari
hasil rakor adalah bahwa untuk kegiatan
Fisik terutama untuk kegiatan T.A. 2012 yang sudah selesai agar segera di
lakukan pendampingan terhadap musrenbangdes untuk penyempurnaan Dokumen RPJMDes dan membuat RKP
tahun 2014.
C. Kunjungan dan Peninjauan Kegiatan dan Kecamatan
Pada Bulan Januari 2013 kunjungan lapangan yang di
lakukan oleh Fasilitator Kabupaten adalah di Kecamatan Babat Toman,Kecamatan
Lais, Kecamatan Sekayu , Kecamatan Sungai Keruh, Kecamatan Bayung Lencir,
Kecamatan Plakat Tinggidan Kecamatan Sungai Lilin, Lawang Wetan, dan Tungkal Jaya
yang di fokuskan kepada penyelesaian pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan
T.A. 2011 (lap.akhir), Audit Proses, administrasi keuangan UPK, untuk kegiatan
dana bergulir di fokuskan kepada penanganan kelompok bermasalah. Untuk Kegiatan
T.A. 2012 difokuskan pada monitoring proses Penyelesaiann Kegiatan dan MDST. Untuk TA. 2013 fokus pada proses perencanaan sesuai dengan
pola masing-masing kecamatan dan Musrenbang Desa.
1.2. Pelaksanaan Bimbingan dan Pembinaan
Bimbingan dan pembinaan yang di berikan pada saat
melakukan kunjungan lapangan di kecamatan di lakukan oleh masing-masing
Fasilitator Kabupaten (Fastkab, Faskab dan Faskeu ) sesuai dengan tupoksi
masing – masing.Untuk Fasilitator Kabupaten bimbingan dan pembinaan di berikan
kepada masing-masing UPK dan FK/FT tentang pendokumentasian hasil kegiatan baik
tahap perencanaan ( Berita Acara Musyawarah di tingkat desa maupun tingkat
kecamatan termasuk notulensinya ), penggunaan Papan Informasi sebagai salah
satu sarana penunjang prisip transparansi, penanganan masalah baik pengaduan
dari masyarakat maupun keterlambatan capaian progress kegiatan T.A.2012,
kelengkapan dokumen RPJMDes dan RKP Desa sebagai dokumen Arah Pembangunan Desa Jangka
Menengah ,untuk Fasilitator Keuangan bimbingan dan pembinaan yang di berikan
adalah Tutup Buku akhir bulan untuk BKU dan tutup buku Laporan Keuangan,Pencatatan
Buku material dan BKU,Penggunaan Kartu Kredit untuk Kelompok SPP serta
pencatatan tunggakan di laporan Kolektibilitas sedangkan untuk Fasilitator
Tehnik Kabupaten bimbingan dan pembinaan di fokuskan kepada Pengawasan kualitas
sarana prasarana yang di kerjakan, pengadaan material dan rekrutmen tenaga
kerja dengan melibatkan masyarakat miskin seta sertifikasi kegiatan fisik yang
sudah selesai pelaksanaannya .
Selain itu juga bimbingan kepada FK dan FT di lakukan di
tingkat kabupaten saat di laksanakan rakor bulanan yaitu melakukan TNA untuk LPD dan laporan akhir desa.
1.3.Penyelenggaraan Pelatihan
Per
bulan Januari 2013 proses pelatihan / peningkatan kapasitas pelaku di tingkat
Desa dan Kecamatan:
- Semua pelatihan untuk TA.2011 semua telah dilaksanakan.
- Untuk TA.2012 sedang dalam tahap pelatihan masyarakat (terlampir di Rekap Pelatihan Masyarakat)
- Untuk kegiatan RBM (terlampir di Rekap DOK RBM)
1.4.Pengendalian Pelaksanaan di Tingkat Kecamatan dan Desa
Untuk pengendalian pelaksanaan kegiatan di lapangan di
lakukan bukan hanya dilakukan oleh
Konsultan dan fasilitator tetapi juga di lakukan oleh masyarakat baik di tingkat
desa maupun di tingkat kecamatan secara berjenjang hal ini di lakukan dengan
tujuan agar pelaksanaan PNPM Mandiri
Perdesaan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.
A. Pemantauan / Monitoring
Pemantauan
dan Monitoring merupakan bagian dari tugas
yang di bebankan dan wajib di laksanakan oleh Konsultan dan Fasilitator
,pemantauan di lakukan seiring dengan kunjungan Fasilitator Kabupaten ke lokasi
binaan untuk bulan ini pemantauan dan monitoring di lakukan di seluruh lokasi
yaitu kecamatan Babat Toman,Kecamatan Lais,Kecamatan Sekayu,Kecamatan Bayung
Lencir ,Kecamatan Sungai Lilin,Kecamatan Sungai Keruh Kecamatan Plakat Tinggi,
Lawang Wetan, Babat Supat dan Tungkal Jaya meliputi ruang lingkup pemantauan di
fokuskan kepada setiap tahapan yaitu Perencanaan,Pelaksanaan dan Pemeliharaan. Pada Januari ada supervisi dan monitoring oleh jajaran korprov yaitu oleh SPTR di
kecamatan Babat Toman, Lais dan Babat Supat
Saat ini pemantauan / monitoring untuk T.A. 2011 di
fokuskan pada tahapan penyelesaian laporan akhir sedangkan untuk T.A.2012 di fokuskan untuk
tahapan pelaksanaan kegiatan dan Musrenbang Desa untuk 2013
B. Supervisi / Pengawasan Kegiatan
Dari kegiatan monitoring yang di lakukan ada
beberapa hal yang di lakukan dalam kegiatan supervisi dan monitoring baik di
tingkat desa maupun di tingkat kecamatan yaitu :
Tingkat Desa :
- Kwalitas pendampingan oleh fasilitator
- Tertib administrasi Laporan Penggunaan Dana TPK yang meliputi pencatatan transaksi pada Buku Kas Umum,Pencatatan Penerimaan Material Masuk atau yang di beli oleh TPK serta laporan kemajuan Fisik Biaya dan HOK
- Kualitas Sarana Prasarana yang di buat oleh TPK yang meliputi penggunaan material sesuai spesifikasi yang di butuhkan, kesesuaian antara kondisi lapangan dan desain yang di buat,transparansi dan akuntabel proses pelakasanaan
- Penanganan kelompok SPP yang bermasalah yaitu dengan melakukan identifikasi kelompok SPP yang mempunyai tunggakan 4 bulan ke atas.
- Up date papan informasi
Tingkat Kecamatan :
- Tertib administrasi keuangan UPK yang meliputi pencatatan transaksi harian dana-dana yang di kelola oleh UPK dan Penggunaan Kartu Kredit SPP.
- Pelaksanaan untuk PNPM Mandiri Perdesaan Pola Penangan Khusus Dampak Krisis
- Fasilitasi pembuatan Dokumen RPJMDes dan RKP Desa
- Penanganan masalah baik yang sifatnya manajerial maupun implementasi yang terjadi di masing-masing kecamatan
- Pelaksanaan pelatihan masyarakat
- Pendampingan Fasilitator
C. Pelaksanaan Audit Internal
Pelaksanaan
audit internal di lakukan juga seiring dengan kegiatan monitoring dan supervisi
oleh Fasilitator Kabupaten di beberapa kecamatan pada bulan ini Audit Internal
di lakukan di 10 kecamatan oleh Fasilitator Kabupaten secara terpisah dan di
temukan beberapa hal yang harus segera di perbaiki yaitu :
- Kelengkapan dokumen perencanaan (Notulen Rapat, Pengisian Form-form standar, Isi Berita Acara, kelengkapan tanda tangan) masih merupakan temuan dominan.
- Kelengkapan dokumen Administrasi di LPD TPK masih banyak kekurangan dan lemahnya validasi FK-FT
- Administrasi dan dokumen di UPK masih lemah.
- Kwalitas pelaksanaan fisik, masih perlu ditingkatkan
Untuk laporan Audit Internal secara lengkap,
dilaporkan tersendiri oleh masing-masing fasilitator dengan focus yang beragam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar