/* hilangkan navbar ----------------------------- */ #navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Tulisan FK



Antusiasme  Kades Rantau Keroya 
Menyambut Program PNPM-Mandiri Perdesaan

Oleh: Dodi Ardiansyah (FK Kec Lais)

Program PNPM-MPD adalah Program pemerintah yang didanai oleh World Bank. Di Kecamatan Lais mulai masuk pada tahun 2009. Pada saat itu partisipasi masyarakatnya sangat tinggi untuk memdapatkan program yang didanai oleh World Bank tersebut. Kecamatan Lais yang terdiri dari 15 desa dapat merasakan manfaat program tersebut. Seiring berjalanya waktu, pada saat ini partisipasi masyarakat dan perangkat desa mulai menurun karena masyarakat menilai semuanya dengan uang dan sedikit sekali tumbuhnya  Swadaya.

Program PNPM-MPD mempunyai alur tahapan dan pada bulanj Juni 2014 alur proses/Alur tahapanya adalah selain menyiapkan SPPB, Lelang dan Pencairan BLM juga disertai dengan Pengalian Gagasan karena RPJM-Des akan segera habis jadi harus dibuat RPJM-Des yang baru. Beberapa hari lalu kami berkunjung ke Desa Rantau Keroya yang desanya sangat jauh dan tidak bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, harus mengunakan Sekoci/Ketek dan transportasi Air yang sejenisnya. Kami berangkat pagi hari dan sudah memesan Sekoci dari Rantau Keroya karena kalau tidak dipesan tidak ada sekoci/ketek yang bisa mengantarkan kami kedesa tersebut. Pada siang hari kami telah sampai kedesa tersebut. Kami disambut masyarakat Rantau Keroya kami pun tidak menyangka  dan berbangga hati karena masyarakat disana sangat Antusiasme sekali.



Desa Rantau Keroya terbagi menjadi 3 Dusun. Kami pun mulai sosialisasi masalah Pengalian Gagasan di Desa Rantau Keroya tersebut Khususnya di Dusun 1 Kades tersebut sangat berpartisipasi mengawal program PNPM-MPD ini. Kades Rantau Keroya ini masih baru dan baru terpilih menjadi kades, jadi sangat ingin tahu mengenai Program PNPM-MPD dan program-program lainya. Kades pun sangat berterima kasih atas kedatangan kami serta mereka mengarapkan dengan adanya Program PNPM-MPD ini desa Rantau Keroya dapat berkembang dan maju menjadi desa yang tidak terbelakang. Mereka mengusulkan usulan sangat banyak sekali untuk dimasukan ke RPJM-Des dan Di RKP




Semangat Kades Rantau Keroya sangat tinggi, Kades ini pun bertanya mengapa Desa Rantau Keroya tidak dapat didanai dan tidak mendapatkan bangunan Prasarana. Kami pun sebagai Fasilitator menjawab karena di desa Rantau Keroya mempunyai tunggakan SPP, jadi ini merupakan sanksi dari desa, apa bila desa mempunyai Tungakan SPP dan tidak ada tidak lanjut untuk membayar maka desa tersebut tidak akan didanai. Sekarang Kades Rantau Keroya mengerti mengapa di desanya tidak didanai untuk tahun ini. Kades Rantau Keroya berjanji akan menindak Lanjuti masalah ini dan kades siap membantu memfasilitasi pembayaran tunggakan SPP tersebut, agar untuk tahun-tahun kedepan desa Rantau Keroya bisa terdanai dan mendapatkan bangunan sarana dan prasarana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar